Pages

Sabtu, 29 September 2012

Penerapan End User Computing


  Dibutuhkan pemahaman mengenai teknologi sistem informasi oleh pengembang yang akan melakukan pengembangan sistem sendiri. Jadi tidak akan efektif jika pengembang sistem tidak memiliki pemahaman tentang teknologi sistem informasi yang cukup, karena hal ini dipaksakan sudah bisa dipastikan tidak akan berhasil. Pertanyaan yang krusial mengenai waktu kapan penerapan EUC ini bisa dilakukan harus dijadikan perimbangan yang benar – benar matang. Menurut Nolan’s stages paling tidak ada empat tahapan penting untuk dapat menentukan waktu yang tepat penerapan EUC ini, yaitu sebagai berikut :
  1. Tahap inisiasi (Initiation)
   yaitu tahap dimana organisasi(perusahaan) mulai pertama kali mengenal teknologi informasi. Memang secara umum perusahaan yang ada sudah melewati masa ini, meskipun masih ada juga beberapa yang perusahaan masih dalam proses tahapan inisiasi ini.
  1. Tahap ketularan (contagion)
   yaitu tahap dimana organisasi sudah mulai banyak yang menggunakan teknologi informasi meskipun ini dilakukan atau tidak terlalu mempertimbangkan untung ruginya dari penggunaan teknologi informasi ini.
  1. Tahap kendali
   Pada tahap ini organisasi sudah mulai selektif dalam penggunaan teknologi informasi. Ada hal yang dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan penggunaan teknologi informasi seperti pertimbangan untung rugi (cost and benefit). Artinya bila ada individu atau suatu unit di dalam organisasi membutuhkan teknologi informasi, bagian pengadaaan tak akan melakukan evaluasi dulu, karena sudah mengetahui manfaat dari sistem yang akan dikembangkan.
  1. Tahap matang (mature)
   pada tahap ini organisasi menggunakan teknologi informasi tidak hanya mempertimbangkan keuntungan yang akan didapat serta berapa biaya yang harus dikeluarkan, bagaimana teknologi informasi yang digunakan dapat dijadikan sebagai alat keunggulan dalam bersaing.
Dalam ke empat tahapan di atas nolan menyarankan jika sebuah organisasi hendak menerapkan EUC / EUD adalah paling tidak sudah memasuki tahap kendali (control), karena dalam tahap ini organisasi dan manajer sudah dianggap memahami benar pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung kinerja organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar