Pages

Selasa, 30 Oktober 2012

MEMAHAMI KARAKTER DAN KEBIASAAN KUCING




Theophile Gautier, seorang novelis dan penyair Prancis yang hidup pada tahun 1811-1872 menyatakan , “ Berteman dengan kucing adalah hal sulit. Kucing merupakan hewan pendiam yang gigih mempertahankan kebiasaan-kebiasanya, menyukai keteraturan dan kebersihan, serta tidak mudah mudah menawarkan pertemanan. jika anda pantas mendapatkan kasih sayangnya, kucing akan menjadi teman, tetapi tidak pernah menjadi budak anda. Ia menjaga kebebasanya dan ia tidak penah melakukan apa yang ia pikir tidak masuk akal. namun, sekali ia menyerahkan dirinya kepada anda, Ia akan meyerahkanya dengan kepercayaan diri dan kasih sayang yang sebenar-benarnya.”

Dari pernyataan Gautier tersebut ,persoalanya adalah bagaimana agar kita bisa jadi sahabat baik yang disayangi kucing ? Tentunya dengan menjadi sahabat yang baik, komunikasi antara kita sebagai pemilik dan kucing Persia yang dipelihara akan terjalin dengan baik. Untuk menjadi sahabat yang baik, tentunnya kita harus mengenali temperamen, karakter ,kebiasaan,bahkan memahami gerakan tubunya sejak masih anakan. Kapan kucing pengen sendiri dan tidak mau di ganggu, kapan kucing pengen diajak main, apakah kucing lagi sedih atau lagi senang, bahkan sakit.
A. Bau-bauan
Kucing merupakan binatang yang tergantung pada daerah yang didiaminya dan mengunakan tanda-tanda aromatik yang disebut Pheromones untuk membantu menbangun dan memelihara “ miliknya” . bau-bauan ini merupakan “tanda” yang penting untuk berkomunikasi dengan kucing lain dan dipancarkan oleh sejumlah kelenjar disekujur tubuh untuk ketenteraman dan kasih saying. Jika ia mengosokan pipinya ke badan kita,berarti ia tidak hanya mengambil atau meninggalkan tanda bau-bauan, tetapi juga membuat hubungan berdasarkan kontak fisik.
Untuk menandai “wilayah kekuasanya” , kucing akan memanfaatkan air seninya atau dikenal dengan istilah spraying. Kebiasan Spraying ini biasanya dilakukan kucing jantan yang menuju dewasa akibat mulai matangnya fungsi sexsual yang dipicu oleh perubahan fungsi hormon. Disamping iu, juga dilakukan kucing betina yang sedang birahi sebagai bentuk undangan kepada pejantanya. Kucing juga akan melakukan spraying jika merasakan wilayahnya terancam dan tidak nyaman. Ancaman tersebut biasanya dari binatang lain, seperti anjing dan kucing liar.
Menghadapi kucing yang biasa melakukan spraying, kita harus mempelajari penyebanya dan tidak perlu menghukumnya. Dengan hati-hati kita harus mengatasi penyebanya dan membersihkan bau air kencing yang ditinggalkanya mengunakan penghilang bau bau yang tidak mengadung ammonia. Bau ammonia akan mengingatkan kucing pada air kencingnya. ( Saya biasa mengunakan Bayclin atau soKlin pemutih pakaiyan untk menghilangkan bau, satu tutup botol ditambah air putih satu gelas lalu disemprotkan ke bagian yang terkena spraying.) Jika kebiasan spraying tidak berhenti juga kita harus segera mengkosultasikanya ke dokter hewan yang ahli prilaku hewan. Biasanya dokter hewan akan mengatasinya dengan memberikan obat untuk menenagkan atau mengurang stress yang di alami kucing tersebut.
B. Bahasa Tubuh Kucing
Seperti halnya manusia, kucing. Terutama kucing yang masih anakan, mempunyai bahasa tubuh sendiri untuk menunjukan bagaimana perasaanya kepada lingkungan di sekitarmya. Beberapa contoh suasana hati kucing jika dilihat dari gerak-gerikanggota tubuhnya sebagai berikut :
1. Mendongakkan dan mengerakan kepala kebelakang, berarti ada orang yang mendekatinya.
2. Setengah mata tertutup dan memutar sedikit telinga ke samping, berarti kucing sedang merasa nyaman dengan dirinya. ( lagi gak mau diganggu gitu looh….,ceritanya, he..he…)
3. Mengarahkan telinga kedepan, lalu memutar kebelakang ,disusul dengan mengecilkan pupil mata, berarti peringatan/ Warning bahwa kita harus segera meninggalkanya sendirian karena ia sedang marah. ( jika kucing sedang marah jangan coba-coba mendekatinya biarkanya saja. )
4. Pupil mata membesar meskipun saat diterpa cahaya terang, berarti kucing sedang terkejut. ( kita harus menenagkanya.)
5. Mengarah telinga ke depan dan membuka mata lebar-lebar , berarti kucing sedang ingin bermain.karenaya , biarkan kucing untuk bermain , maunya diajak main, atau diberi mainan.
6. Mencondongkan telinga ke belakang, menutup mata, dan sedikit menengok ke kiri atau ke kanan, beratri ia sedang mengajak berdamai,. Kucing memberitahu pemiliknya bahwa ia tidak membahayakan dan mengharapkan mendapat perlakuan yang sama dari orang yang ada disekitanya. Biasanya ingin dimanja ,digendong ,dielus.dan disayang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar